Kereta Api ini dinamakan Railbus. Menggunakan tenaga diesel, bentuknya
hampir sama dengan KRDI (kereta rel diesel Indonesia) Banyubiru dan
Kaligung. Bedanya, pada moncongnya. Railbus hampir mirip KA di Jepang.
Kereta ini 80 persen buatan INKA. Sebenarnya bisa selesai dalam delapan
bulan, tapi anggarannya dijadikan dua tahun anggaran,” kata Joko.
Jadi yang keliling Solo itu Tramnya, dan yg ke Wng Railbusnya
Jadi ngiri lihat Tramnya bagus banget, tapi saya kok pernah lihat gambar
serupa yg di foto tram itu nabrak pembatas jalan waktu di pamerkan
(sepertinya di Jakarta), kalau nggak salah itu hasil kerjasama dengan UI
Depok CMIW.
Wakil Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengaku optimistis pengelolaan
railbus bisa maksimal sebagai model transportasi massal yang baru di
Kota Bengawan.
Demikian disampaikan Rudy menanggapi komentar miring dari kalangan
anggota DPRD yang menilai Pemerintah Kota (Pemkot) Solo masih terlalu
dini membutuhkan transportasi massal jenis railbus.”Kalau diawali dengan
rasa pesimistis maka semua akan berjalan tidak maksimal di kemudian
hari. Untuk itu, kita harus optimistis agar pengelolaan railbus ke depan
bisa lebih baik,” tukas Rudy kepada wartawan seusai menghadiri sidang
paripurna Nota Jawaban Walikota atas Pemandangan Umum Fraksi di Graha
Paripurna.
Rudy menegaskan bahwa railbus merupakan proyek jangka panjang. Dalam hal
ini, pihaknya tidak sepakat jika pengadaan railbus ini dinilai masih
terlalu dini. ”Justru dengan persiapan sedini mungkin itu nanti akan
membuat persiapan menjadi lebih matang,” tutur politisi dari PDI
Perjuangan ini.
interior minimalis:
Dalam kesempatan itu, Rudy menerangkan bahwa pengadaan Railbus ini
merupakan hibah murni dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) senilai Rp
16 milliar. Rencananya, sebanyak tiga unit railbus akan diujicobakan
pada Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Solo pada Februari mendatang. Dia
mengakui, sejauh ini memang belum menjalin komunikasi dengan jajaran
legislatif terkait adanya kucuran bantuan dari Kemenhub tersebut.
Kendati belum dioperasikan, harga tiket railbus milik Pemkot Surakarta
sudah diumumkan. Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Yosca Herman
Soedradjad, tarif kereta tersebut tak akan melebihi tiket KA Feeder
jurusan Solo-Wonogiri senilai Rp 2.500.“Ya setidaknya masih setara
dengan harga tiket Feeder,” kata Herman.
Dia menyatakan, railbus yang didatangkan dari PT Inka Madiun ini baru
dioperasikan sekitar tiga bulan lagi. Pasalnya, sesuai permintaan
Kementerian Perhubungan (Kemenhub), desain interior, khususnya pada atap
harus ditinggikan. Karena itu, butuh waktu lagi untuk menambah proses
pengerjaan. Belum lagi, Pemkot harus mengantongi izin operasi railbus
sebagai moda transportasi umum.
Bahkan, Herman juga mengakui bahwa perjalanan railbus dari Madiun menuju
Kota Bengawan, Kamis (17/2) malam, belum mengantongi izin. Namun, dia
menyebut bahwa kereta tersebut dapat dikategorikan sebagai KA Luar
Biasa. “Meski belum ada izin, tidak apa-apa. Kan ini sama halnya Kereta
Luar Biasa (KLB),” ungkapnya
Kereta - Kereta Api Paling Mewah
Untuk menunjang kepariwisataan, PT. Kereta Api (Persero) memberikan
pelayanan carter kereta khusus wisata juga berbagai keperluan seperti :
rapat, pesta pernikahan, ulang tahun, dsb di atas Kereta Api menuju
berbagai kota tujuan.
Saat ini PT. Kereta Api (Persero) menyediakan tiga kereta wisata,Ketiga
kereta wisata tersebut dapat dirangkaikan pada Kereta Api Reguler yang
dilengkapi dengan kereta pembangkit (listrik) berkekuatan minimal
300KVA, seperti : KA Argobromo Anggrek, Argo lawu, Dwipangga, Argo
Muria, Argo Gede, Bima dan Sembrani.
Kereta Wisata Nusantara
Disebut kereta wisata Nusantara karena desain interior dan segala pernak
- perniknya menggambarkan seni dan keindahan dari berbagai pelosok
pulau nusantara, sehingga bila kita berada di dalam kereta ini dapat
menikmati desain interior yang bernuansa nusantara.
Kereta yang bernomor seri 67501 ini memiliki kapasitas tempat duduk
ekslusif untuk 19 orang. Kamar tidur untuk 2 orang yang dilengkapi kaca
rias, lampu tidur dan wastafel.
Untuk melihat pemandangan luar arah belakang secara leluasa tersedia
balkon VIP, sedangkan lobi tengah yang ditata mewah dilengkapi Audio,
Video/TV monitor, pendingin ruangan (AC), kamar mandi (Toilet) juga
tersedia di dalam kereta ini
Kereta Wisata Bali
Kereta ini interiornya di desain dan dilengkapi dengan ukiran dan
lukisan yang bernuansa Pulau Dewata Bali. Bagi para turis yang
menggunakan kereta ini sudah mendapat gambaran baik seni, budaya maupun
keindahan pulau Bali. Melalui lukisan dan ukuran yang ditata dengan
rapih dan apik dalam kereta. Kereta wisata bali bernomor seri S.67801
memiliki 22 tempat duduk ekslusif dalam 2 ruangan, 16 tempat duduk
terletak di Meeting Room dab 6 tempat duduk diruangan khusus (kabin).
Fasilitas lainnya seperti Mini Bar, kamar mandi (toilet), Audio/Video
dan pendingin ruangan (AC) tersedia di dalam kereta ini.
Kereta Wisata Toraja
Kereta wisata Toraja yang bernomor seri S67802 ini memiliki kapasitas 22
tempat duduk ekslusif, 16 tempat duduk di Meeting Room dan 6 tempat
duduk diruang khusus (kabin) serta dilengkapi Mini Bar, kamar mandi
(toilet), Audio/Video, pendingin ruangan (AC). Dinamakan Kereta Wisata
Toraja karena desain interior serta ukiran dan lukisan di sekitar
dinding kereta menggambarkan seni dan budaya daerah Toraja.
0 comments: